Cek Online Keaslian Ijazah Di SIVIL



Kami dari Politeknik Negeri ketapang akan memberikan langkah-langkah bagaimana sih cara mencek ijazah secara online. Mari kita langsung praktek. Sebelum itu izinkan kami untuk menjelaskan sedikit. Untuk memastikan keabsaahan/keaslian ijazah yang kita miliki dan untuk menghentikan masalah munculnya ijazah palsu yang beredar. Masalah ini membuat Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mengambil langkah yang serius dengan mengadakan penomoran verifikasi ijazah secara elektronik. Menristekdikti, Bapapk Mohamad Nasir, mengatakan agar bisa menangkal keberadaan ijazah palsu yaitu memberlakukan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) dan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (Sivil).
Mengutip kalimat dari artikel Ijazah Tak Perlu Lagi Legalisir.  mengatakan:
“Jadi kedepan, tidak perlu lagi ada legalisir ijazah lulusan Perguruan Tinggi Indonesia. Misal industri ingin tahu lulusan yang akan diterimanya, hanya tinggal mengecek melalui Sistem Verifikasi Ijazah Online/Elektronik (SIVIL),”

Baik langsung ke topik pertama Cara cek online keaslian ijazah diSIVIL Ristekdikti:
1. Pertama silahkan untuk mengklik link https://ijazah.ristekdikti.go.id/ [WEB SIVIL]
Tampilan pertama dari web SIVIL
2. Kemudian ketikan Nama Perguruan Tingginya, Contohnya "Politeknik Negeri Ketapang", tapi untuk alumni yang lulus pada kampus belum berstatus Negeri cukup mengetikan "Politkenik Ketapang"
3. Selanjutnya Tulis nomor Ijazah atau PIN (Penomoran Ijazah Nasional). Yang belum negeri silahkan menggunakan no ijazah yang ada di ijazah. Letak No ijazah POLITAP berada di kanan atas, disitu ada no yang tertulis.
4. Setelah mengetikkan nana perguruan tinggi, dia akan meminta memilih Jurusan atau Prodi yang kita ambil ketika kuliah.
Selah Prodi dipilah akan tampil seperti ini
5. Setelah itu Masukkan no Ijazah, angka pengaman dan terakhir Klik verifikasi.
Berikut jika Cek Online Keaslian Ijazah Di SIVIL berhasil
Jika nomor ijazah Anda terdaftar dipangkalan dikti maka akan keluar data diri Anda, jika tidak maka akan keluar informasi “Data tidak ditemukan di pangkalan dikti, silahkan menghubungi perguruan tinggi yang bersangkutan”. Layanan ini tidak menampilkan detail ijazah dengan alasan kerahasiaan.
TAG