AI – Agroindustri



Prodi AI – Agroindustri
Program Studi Diploma Agroindustri Politeknik Negeri Ketapang (POLITAP) bertujuan menghasilkan lulusan yang profesional, mampu secara mandiri menguasai bidang kerjanya dengan baik, kreatif dalam mengembangkan manajemen industri yang memiliki visi untuk memajukan industri pertanian yang berorentasi pada Agro Techno Preunership yang menitikberatkan pada kajian pengembangan dan penerapan teknologi untuk bidang pertanian dengan melibatkan ilmu-ilmu kimia, biologi, mikrobiologi, matematik, fisika, manajemen dan keteknikan dalam rancang bangun peralatan pertanian, teknologi pangan dan hasil pertanian, teknologi pengawetan, pengembangan produk baru bernilai ekonomi tinggi, sampai optimasi proses, analisa sistem dan manajemen di dalam sistem produksi hayati. Implementasi dari kajian-kajian tersebut diselenggarakan oleh Program Studi Agroindustri.

Melalui kajian-kajian tersebut Program Studi Agroindustri siap untuk mengadakan berbagai kerjasama di bidang agroindustri dengan semua stakeholder seperti industri, pemerintah daerah, swasta, perguruan tinggi, badan penelitian dan pengembangan maupun instansi lain yang terkait dengan bidang teknologi agroindustri. Program Studi Teknologi Agroindustri ini selalu siap menampung calon-calon mahasiswa berkualitas, berbakat dan berminat yang lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Politeknik melalui penelusuran bibit unggul untuk dididik menjadi ahli madya yang mempunyai kompetensi tinggi dan dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu hasil didik program studi ini diharapkan memiliki dedikasi yang tinggi, tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi khususnya industri pertanian, arif dalam penanganan lingkungan serta aktif dalam pembangunan nasional.

Program Studi Diploma Agroindustri Politeknik Negeri Ketapang (POLITAP) bertujuan menghasilkan lulusan yang profesional, mampu secara mandiri menguasai bidang kerjanya dengan baik, kreatif dalam mengembangkan teknologi dn manajemen industri yang memiliki visi untuk memajukan industri pertanian yang berorentasi pada Agro Techno Preunership. Sejalan dengan profil lulusan tersebut diatas,  maka lulusan program studi agroindustri berkesempatan untuk bekerja pada beberapa bidang antara lain adalah :

  1. Pengawas/ Supervisior Produksi Industri Pengolahan Hasil Pertanian
  2. Pengawas Mutu/ Quality Control (QC) pada Industri Pengolahan Hasil Pertanian
  3. Pendamping Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)
  4. Wirausaha dibidang Agroindustri/ Industri Pengolahan Hasil Pertanian
  5. Serta bekerja dibidang-bidang lain seperti perbankan, koperasi, instansi pemerintah dan lain sebagainya.